Selasa, 25 Agustus 2015

turbo pascal bilangan bulat

Contoh Pemrograman Dasar Komputer Dengan Pascal

Pada bagian Pemrograman dasar pascal, kita akan membahas Contoh Program Komputer tentang perhitungan matematika dasar.  Dalam perhitungan matematika, kita menggunakan operator aritmatika sebagai berikut :

Penjelasan :

Operator tanda kurung adalah priorotas pertama, artinya bagian yang berada dalam tanda kurang akan dikerjalan pertama kali, kemudian diikuti oleh operator dengan prioritas kedua yaitu kali dan bagi (*dan /), kemudan tambah dan kurang . Dalam  perhitungan matematika, tanda sama dengan menggunakan tanda  := (titik dua sama dengan) untuk menyatakan nilai.

 Operator Div digunakan untuk membagi 2 bilangan  bulat (integer) kemudian mengambil  hasil bagi dan sisanya dibuang. Sedangkan operator Mod digunakan untuk membagi 2 bilangan bulat (integer) kemudian mengambil sisanya dan hasil baginya dibuang. 

Misalnya : 7 dibagi 2. Hasil baginya 3 dan sisanya 1.
X:= 7 div 2, hasilnya 3
X:= 7 mod 2, hasilnya 1

Tipe Data

1.  Integer    : untuk menyatakan bilangan bulat. Misalnya : 1, 2, 3, dst. Tipe Integer terdiri dari dari 5 macam  yaitu :
2.  Real        : untuk menyatakan bilangan desimal. Misalnya : 1.45, 5.76, dst. Pemisah tanda desimal menggunakan  titik bukan  koma. Tipe real dibagi menjadi 4 macam yaitu   :


Format Output Tipe Real

Output dari variabel bertipe real berupa bilangan desimal dengan 10 angka di belakang koma dan E+0n, dimana n =1,2,3, dst. Misalnya 1.6000000000E+02, artinya sama dengan 1.6 x 10 pangkat 2.

Untuk menampilkan output yang rapi, maka perlu diformat dengan bentuk sbb:

V:N:D dimana V adalan nama variabel, N adalah jumlah digit, dan D adalah jumlah desimal.

Contoh : X:6:2

artinya nilai variabel x terdiri dari 6 digit dan 2 angka dibelakang koma. Misalnya  094.32 tetapi 0 tidak dicetak sehingga tampilan output adalah 94.32.

3.  Char        : untuk menyatakan huruf, karakter dan tanda baca

Tipe data tunggal yang berhubungan dengan tombol-tombol di keyboard. Char adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCII.
Apabila data Char ingin dijadikan sebagai konstanta maka karakter yang harus diapit dengan tanda kutip satu.   Misalnya  :Huruf := ’A’

4.  String   : untuk menyatakan kata atau kalimat

String (adalah kumpulan type data yang berbentuk karakter). Tipe data string digunakan untuk menampung nilai dalam bentuk huruf, dimana batas maximal adalah sebanyak 255 karakter. Apabila data string ingin dijadikan sebagai konstanta maka data string yang harus diapit oleh tanda kutip satu.   Misalnya  : data:= ’Program Komputer’

5. Boolean    : untuk menyatakan benar(true) atau salah (false)

Mempunyai nilai benar / salah. Operator yang penghubung untuk tipe boolean adalah : =, > , <, <=, =>, <>;. Boolean akan menghasilkan false jika nilai = 0 dan akan menghasilkan true jika nilai = 1. Tipe boolean biasanya digunakan dalam operasi kondisional pada saat pengambilan keputusan Ya atau Tidak dengan menggunakan fungsi IF – Then – else.

Variabel 

Dalam perhitungan matematika, variabel adalah komponen yang sangat penting untuk digunakan. Karena itu, setiap masalah harus dianalisa dengan baik agar dapat menentukan jenis variabel dan tipe data yang akan digunakan. Variabel yang akan digunakan harus dideklarasikan lebih dahulu pada bagian deklarasi variabel.

Contoh Deklarasi Variabel :

Var        
a,b      : integer;
X,y,z     : real;
Huruf     : char;
Kata     : string[25]; artinya panjang kata atau kalimat maksimum 25 karakter. Jika tidak disebutkan maka panjangnya 255 karakter.

 Contoh Program  Komputer Untuk Perhitungan Matematika Sederhana

Contoh-1

Buatlah program dengan persaman  matematika :   Y = 2x + (8x – 25)

Jawab :

Dari persamaan di atas terdiri dari 2 buah variabel yaitu x dan y. Variabel  x adalah variabel  input dan y adalah variabel output. Tipe variabel boleh  integer atau real. Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa Langkah pertama adalah membuat algoritma, kemudian flowchart, dan membuat kode program.

Algoritma :

  •     Mulai
  •     Deklarasikan variabel
  •     Tentukan nilai x
  •     Hitung nilai Y
  •     Cetak x dan y.
  •     Selesai

Flow Chart




Program Contoh1;
uses crt;

var x,y : integer;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai x = ');
     readln(x);
     y:= 2*x + (8*x -25);
     writeln;
     writeln(' Y = ',y);
     readln;
End.

Output Program:


Contoh 2

Buatlah program untuk mencari nilai a dari persamaan  a = (b + 3c)b – bcd

Jawab :

Persamaan di atas terdiri dari 4 buah variabel yaitu a,b,c,dan d. Gunakan tipe data integer jika input datanya berupa bilangan bulat saja. Jika ada input data berupa bilangan desimal, maka harus menggunakan tipe data real.

Algoritma :

  •     Mulai
  •     Deklarasikan variabel
  •     Input nilai b,c,d
  •     Hitung nilai a
  •     Cetak nilai a,b,c,d.
  •     Selesai
Flowchart



Program Contoh2;
uses crt;

var a,b,c,d : real;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai b = ');readln(b);
     write('Input Nilai c = ');readln(c);
     write('Input Nilai d = ');readln(d);
     a:= (b + 3*c)*b - b*c*d;
     writeln;clrscr;
     writeln(' b = ',b:6:2,'   c = ',c:6:2,'  d = ',d:6:2);
     writeln;
     writeln(' Hasil Perhitungan, a = ',a:6:2);
     readln;
End.

Ouput Program



Contoh-3

Buatlah program untuk menghitung persamaan    y= □(√(a^2+b^2 )/4b) 

Jawab :

Persamaan di atas terdiri dari 3 buah variabel yaitu y, a, dan b. Variabel y harus bertipe real karena y akan menyimpan hasil pembagian bilangan, dimana hasil pembagian akan berbentuk bilangan desimal. Sedangkan variabel a dan b, bisa bertipe real atau integer. Artinya jika integer, maka a dan b hanya dapat menerima bilangan bulat saja.

Algoritma :


  • Mulai
  • Deklarasikan variabel
  • Input nilai a dan b
  • Hitung nilai  x= √(a^2+b^2 )
  • Hitung nilai  y=x/4b
  • Cetak Nilai  y
  • Selesai
Flowchart



Dalam program Pascal terdapat fungsi :
Sqrt (x)  :  digunakan untuk menghitung nilai akar pangkat dua dari x
Sqr(x)    :  digunakan untuk menghitung nilai pangkat dua dari x


Tidak ada komentar:

Posting Komentar